Senin, 25 April 2011

PHBS di SD Islam Darun Najah

Praktek Gosok Gigi Dan Cuci Tangan Bersama
 
 
Semarang – Semangat dan keceriaan siswa-siswi SD Islam Darun Najah tampak membuncah saat PKPU mendatangi sekolahnya. Karena memang sehari sebelumnya sudah diumumkan bahwa hari besoknya PKPU akan datang dan mengajak anak-anak untuk cuci tangan dan gosok gigi bersama. Meski  tampak sebagian siswa yang kelihatan ketakutan saat dokter yang menjadi bagian dari rombongan itu menyapa anak-anak polos itu. Namun mereka tetap antusias mengikuti kegiatan hingga acara selesai.

Rabu (20/4) itu, tim kesehatan PKPU menggelar program Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah dan pemeriksaan kesehatan siswa. PKPU menerjunkan dokter, perawat dan SDM kesehatan komunitas dalam program yang dikemas bagi sekolah mitra tabung peduli tersebut. Kegiatan diawali dengan penyuluhan kesehatan berupa praktek mencuci tangan dan menggosok gigi. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui status kesehatan dan gizi anak di sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1985 itu.

Nugroho, S.Pd, kepala sekolah SD Islam Darun Najah menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan PKPU ini. Ia menyampaikan keterbatasan kemampuan guru-guru sekolah untuk membimbing dan mengawasi praktek PHBS, khususnya di lingkungan sekolah. “Program seperti ini (PHBS, red) akan menjadi awalan pembiasaan siswa dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan” terang pak Nug, sapaan kepala sekolah tersebut.
Pada kesempatan tersebut, selain penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, PKPU juga memberikan poster  ‘Delapan Indikator PHBS Sekolah’.  Poster yang didesain kartun itu mengandung pesan-pesan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. “Semoga edukasi kepada siswa dapat berlangsung kontinu”, harap Didik Husada, Kadiv Kesehatan PKPU Semarang. (PKPU/Surur/Semarang)
 
 
Dokumentasi:





0 komentar:

Posting Komentar